PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI

Kamis, 04 November 2010

ABSTRAK

Keberhasilan hidup mahasiswa tidak hanya dipengaruhi oleh kecerdasan
intelektual (IQ) semata, tetapi juga dipengaruhi oleh kecerdasan lain yaitu
kecerdasan emosional (EQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah kecerdasan emosional mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi.
Kecerdasan emosional diukur mulai pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi,
empati, dan ketrampilan sosial, sedangkan tingkat pemahaman akuntansi diukur
berdasarkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi ekstensi
fakultas ekonomi Universitas Diponegoro angkatan 2007 sebanyak 120. Sampel
pengambilan populasi itu 100. Data diperoleh melalui metode kuesioner dengan
skala likert, yang diadopsi dari Bulo (2002). Pendefinisian sampel menggunakan
metode Solvin, sedangkan analisisnya menggunakan metode analisis linier
berganda. Variabel-variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengenalan diri,
pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial; sedangkan variabel
terikatnya adalah tingakat pemahaman akuntansi mahasiswa (Indeks Prestasi
Kumulatif). Data yang diperoleh dengan bantuan software SPSS 13.
Berdasarkan hasilnya, dari lima hipotesis yang dikemukakan, hipotesis 1,
2, dan 3 diterima yang menyatakan bahwa pengenalan diri, pengendalian diri,
motivasi berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa.
Sedangkan hipotesis 4 dan 5 ditolak yang menyatakan bahwa empati dan
ketrampilan sosial tidak bepengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Banyak faktor-faktor kecerdasan emosional yang berpengaruh dalam kehidupan
individual, dalam hal ini mahasiswa. Misalnya faktor tekanan mental, lingkungan
pergaulan, trauma kegagalan, masalah pribadi, kegiatan diluar kampus (bekerja),
budaya, atau bisa saja disebabkan oleh perilaku belajar mahasiswa.

Kata Kunci : Kecerdasan emosional (EQ), Tingkat Pemahaman Akuntansi (IPK),
pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial.



ABSTRACT

College student live success not influence by intellectual intelligence (IQ)
only, but also influence by other intelligence such as emotional intelligence (EQ).
Aim of this research was to found whether emotional intelligence influence
accountancy understanding level. Emotional intelligence measured began from
self introduction, self control, motivation, empathy, and social ability, whereas
accountancy understanding level was measured based on Cumulative
Achievement Index value (IPK).
Population within this research was extension accountancy student of
Economy Faculty Diponegoro University 2007 about 120. That population
sampling collection was about 100. Data obtained through questionnaire method
by scale likert, which adopted from Bulo (2002). Sampling definition used double
linear analysis method. Independent variable within this research was self
introduction, self control, motivation, empathy, and social ability; whereas
adhered variable was accountancy understanding level of student (Cumulative
Achievement Value). Data obtained supported by software SPSS 13.
Based on the result, from five hypothesis stated, hypothesis 1, 2, and 3
were accepted which stated that self introduction, self control, motivation were
have influence to accountancy understanding level of student. Whereas both
hypothesis 4 and 5 were rejected which stated that both empathy and social ability
have no influence to accountancy understanding level. Much emotional
intelligence factors which influence to individual daily live, in this case was
student. For example mental depression factor, social intercourse environment,
failure trauma, personal problem, activity out of campus (working), culture or
could be caused by learning student behavior.

Keywords: Emotional intelligence (EQ), Accountancy Understanding Level (IPK),
self introduction, self control, motivation, empathy and social ability.

sini

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kalau ingin dapat versi lengkapnya gimana? thx

Posting Komentar