PENGARUH ATRIBUT KUALITAS AUDIT TERHADAP KEPUASAN KLIEN (Studi Empiris pada Bank Perkreditan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta)

Kamis, 04 November 2010

ABSTRACT

The purpose of study is to examine whether audit quality attributes, namely
auditing experience, understand the client's industry, responsive to the needs of clients,
adhering to common standards, independence, conscientiousness, a strong commitment
to quality audits, the involvement of the leadership of CPA Firm, field work precisely,
the involvement of audit committees, high ethical standards, and not easy to believe has
an influence on client satisfaction.

The population in this study were all heads of department of finance at the
Bank. While the sample of this research is the head of the financial section of BPR in
Yogyakarta Province. Reasons for selecting the Rural Bank in Yogyakarta Province is
that more research is done in BPR in Central Java and data easily obtained. Types of
data used are primary data, questionnaire data collection method. Dianalasis using
multiple linear regression with SPSS program.
The results of this study show that only a variable audit experience, understand
the client's industry, responsive to the needs of clients, adhering to common standards,
careful attitude, strong commitment to quality audits, field work properly, high ethical
standards partially significant impact on client satisfaction, while the other variables
showed no significant impact on client satisfaction.

Keywords: Attribute audit quality, client satisfaction




ABSTRAKSI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah atribut kualitas audit, yaitu
pengalaman melakukan audit, memahami industri klien, responsif terhadap kebutuhan
klien, taat pada standar umum, independensi, sikap hati-hati, komitmen yang kuat
terhadap kualitas audit, keterlibatan pimpinan KAP, melakukan pekerjaan lapangan
dengan tepat, keterlibatan komite audit, standar etika yang tinggi, dan tidak mudah
percaya memiliki pengaruh terhadap kepuasan klien.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kepala bagian keuangan pada Bank
Perkreditan Rakyat. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah kepala bagian
keuangan Bank Perkreditan Rakyat di Daerah Istimewa Yogyakarta karena sudah
mewakili untuk dijadikan responden dalam penelitian ini. Jenis data yang digunakan
adalah data primer, dengan metode pengumpulan data kuesioner. Dianalasis
menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian ini secara parsial menunujukkan bahwa hanya variabel
pengalaman melakukan audit, memahami industri klien, responsif terhadap kebutuhan
klien, taat pada standar umum, sikap hati-hati, komitmen yang kuat terhadap kualitas
audit, melakukan pekerjaan lapangan dengan tepat, standar etika yang tinggi yang
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan klien dengan, sedangkan pada variabel
lainnya tidak menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap kepuasan klien.

Kata kunci : Atribut kualitas audit, kepuasan klien.

sini

0 komentar:

Posting Komentar